Sistem Computerized Tes CPNS Dilakukan Transparan

Sistem Computerized Tes CPNS Dilakukan Transparan

Waru, NAWABAKTI – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono langsung mengecek tempat lokasi ujian pelaksanaan rekrutmen CPNS di Jatim di Kantor BKN regional II Surabaya, Kamis (25/10). Dimana tes CPNS Pemprov Jatim Tahun 2018 yang berbasis Computer Assisted Tes (CAT)

“Kedatangan kami ke BKN ini untuk memastikan dan berkoordinasi dengan BKN untuk persiapan CPNS pemprov Jatim yang diselenggarakan pada, Jumat (26/10) besok. Mulai dari komputernya, ruangan ujian, ruangan kesehatan, dan ruang tunggu ujian,” ujar sekdaprov Jatim, Heru Tjahyono ditemui usai sidak ruang ujian BKN Regional II Surabaya.

Sekdaprov Jatim yang didampingi oleh PLT Kadis Kominfo Jatim, BKD, Biro Hukum, Dinkes, dan Inspektorat ini menjelaskan, untuk masalah komputer di BKN II menyediakan sekitar 250 komputer. Dimana satu ruangan ini diisi 100 komputer, bahkan BKN juga menyiapkan komputer cadangan apabila saat berlangsung ujian CAT bermasalah saat mengerjakan soalnya.

“Untuk kesiapan CAT ini pemprov Jatim melalui Dinas Kominfo juga sudah mengecek langsung. Dimana saat ujian berlangsung peserta mengalami gangguan di komputer satu langsung bisa pindah ke komputer lainnya dengan waktu yang sama. Dimana saat komputer gangguan sudah berjalan 5 menit maka pindah ke komputer lainnya juga sama waktunya 5 menit, sehingga tidak ada pengurangan waktu saat pengerjaan soal CAT itu,” paparnya.

Lebih lanjut pihaknya menyampaikan, bahwa peserta tes CPNS pemprov Jatim juga bisa melihat hasil ujian CATnya secara langsung dilayar monitor yang disediakan. Dan hasil akhir ujian CAT juga akan diprint langsung oleh panitia yang diawasi oleh BKD, BKN, Inspektorat, Kominfo, dan Polisi. “Intinya kita sebagai bagian dari penyelenggara tes cpns, harus bisa memberikan pelayanan yang baik, jangan mempersulit, semua harus dimudahkan,” tegasnya.

Ia menambahkan, untuk pelaksanaan tes CPNS di Jatim ini diselenggarakan pada 26 Oktober 2018 besok di kantor BKN regional II Surabaya yaitu tiga sesi. Dan tes kedua dilaksanakan pada 28 Oktober di Hotel Empire Palace. “Untuk pengumuman Tempat Tes CPNS ini pemprov Jatim sudah melakukan pengiriman ke peserta CPNS baik melalui Email, twitter, website BKD, dan SMS,”ujarnya.

Kabid Perencanaan dan Pengadaan BKD Jatim, Hasyim Asy’ari ditemui di BKN mengatakan, tes akan berlangsung dua kali, yakni tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB).

Tes TKD sendiri akan berlangsung selama seharian. Materi tesnya adalah Wawasan Kebangsaan, Intelegensi, dan Tes Karakteristik.

“Soal tesnya sebanyak 100 soal dengan model pilihan ganda. Alokasi setiap soal 1,5 jam,” ujar Heru Tjahjono.

Tes kedua hanya diperuntukkan mereka yang masuk rangking tertinggi dengan ketentuan sebagai berikut, yakni diambil rangking tiga kali dari jumlah formasi yang dibutuhkan. Kalau total formasi di Pemprov Jatim 2.065 formasi artinya akan dirangking sesuai bidang pekerjaan dikalikan tiga. Misalnya jika Formasi Humas dibutuhkan 2 maka akan dicari 6 rangking tertinggi untuk maju di tes kedua atau TKB.

CPNS Pemprov Jatim yang membuka 1.065 formasi telah diserbu 63.186 pendaftar.Namun ada 10.865 yang tak memenuhi syarat administatif sehingga total peserta tes sebanyak 52.321. Rik

Monggo dikirim nang konco konco

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *