Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Fenomena Supermoon Malam Ini

Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Fenomena Supermoon Malam Ini

Jakarta,nawabakti – Top 3 Tekno Berita Hari Ini akan dimulai dengan topik fenomena supermoon. Fenomena Supermoon kembali hadir di langit Indonesia. Senin malam ini , 21 Januari 2019, bulan purnama akan sedikit membesar dan terlihat lebih terang jika langit cerah.

Selain itu, ada juga kabar seputar WhatsApp. Aplikasi pesan WhatsApp telah melakukan pembaruan dengan menghadirkan lebih banyak stiker dalam tombol keyboard. Namun, laman The Sun, akhir pekan lalu menjelaskan bahwa keyboard tersebut merupakan keyboard pihak ketiga.

Juga, ada kabar dari Motorola yang akan merilis smartphone terbaru mereka. Motorola Razr, salah satu ponsel populer pada tahun 2000-an, akan kembali hadir dalam versi dan tampilan baru. Dengan desain berlayar lipat (foldable), ponsel itu akan dibanderol dengan harga sekitar US$ 1.500 dolar atau sekitar Rp 21 juta.

Berikut tiga topik terpopuler di kanal Tekno:

1. Malam ini Supermoon, Bulan Purnama Akan Membesar dan Lebih Terang

Fenomena Supermoon kembali hadir di langit Indonesia. Senin malam ini , 21 Januari 2019, bulan purnama akan sedikit membesar dan terlihat lebih terang jika langit cerah. “Kecerlangannya 15 persen lebih dari purnama biasa,” kata peneliti Astronomi dan Astrofisika BMKG Rukman Nugraha.

Selain itu, piringan bulan juga akan lebih besar terlihat dari bumi. Pembesarannya, kata Rukman, sekitar tujuh persen. Penyebabnya karena saat itu bulan sedang dalam jarak terdekatnya dengan bumi atau disebut perigee di dunia astronomi.

Menurut Rukman, purnama Supermoon sudah terhitung terjadi pada 21 Januari 2019 mulai pukul 12.16 WIB. Kemudian tepat 12 jam 43 menit sesudahnya atau pada 22 Januari 2019 pukul 02.59 WIB, bulan akan berada pada jarak terdekatnya yaitu 357.342 kilometer dengan bumi.

2. Pembaruan WhatsApp Bikin Stiker Lebih Banyak di Keyboard Google

Aplikasi pesan WhatsApp telah melakukan pembaruan dengan menghadirkan lebih banyak stiker dalam tombol keyboard. Namun, laman The Sun, akhir pekan lalu menjelaskan bahwa keyboard tersebut merupakan keyboard pihak ketiga.

Sebelumnya pengguna dibatasi untuk pemilihan stiker dalam keyboard bawaan aplikasi yang punya 1,5 miliar pengguna aktif itu. Dengan menggunakan keyboard dari Google, pengguna dapat menggunakan stiker yang lebih bervariatif. Kabar hadirnya stiker tersebut berawal dari laman WaBetaInfo, yang pertama kali melihat pembaruan WhatsApp baru. Stiker baru itu akan tersedia dalam beberapa hari.

3. Motorola Razr Akan Hadir dengan Layar Lipat, Seharga Rp 21 Juta

Motorola Razr, salah satu ponsel populer pada tahun 2000-an, akan kembali hadir dalam versi dan tampilan baru. Dengan desain berlayar lipat (foldable), ponsel itu akan dibanderol dengan harga sekitar US$ 1.500 dolar atau sekitar Rp 21 juta.

Lenovo yang membeli brand Motorola dari Google pada 2014, telah bermitra dengan Verizon Communication Inc untuk memasarkan generasi baru Razr pada Februari mendatang, menurut Wall Street Journal dalam laporannya, dikutip Minggu. CEO Lenovo Yang Yuanging pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2018 lalu mengisyaratkan bahwa Lenovo akan menghadirkan kembali Moto Razr dan fokus pada teknologi layar lipat.

 

tmpo

Monggo dikirim nang konco konco

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *